Energi

Sumber Energi Masyarakat Lokal Maratua

Hanya 37% dari Maratua Orang Disajikan dengan Listrik

 

Berdasarkan data dari Departemen Pertambangan dan Energi Kalimantan Timur pada tahun 2010, rasio listrik di Kabupaten Maratua hanya 37%. Ini berarti bahwa 63% dari orang-orang di Maratua tidak memiliki akses listrik. Oleh karena itu, Sehubungan dengan potensi energi surya yang besar, pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sangat tepat dan mendesak di Maratua.

Selain untuk pembangkit energi, pembangkit listrik tenaga surya memiliki banyak keuntungan seperti: energi bersih, ramah lingkungan energi, terbarukan, abadi. Selain itu, panel surya memiliki investasi jangka panjang-panjang umur /, sangat cocok untuk iklim tropis seperti Indonesia, mudah untuk menginstal dan dioperasikan, tahan lama, tahan cuaca dan kuat. Dibandingkan dengan generator set (genset), diesel-fuel memiliki harga Rp. 9000, - per botol yang memerlukan setidaknya 7 botol selama 6 jam. Selain itu, bahan bakar diesel menghasilkan C02 dan CO yang menyebabkan polusi udara.

 

Environmental Protection Fund (EPF)

Environmental Protection Fund (EPF) merupakan sumber pendanaan untuk proyek-proyek yang perlindungan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Proyek-proyek ini biasanya proyek-proyek besar yang membeli tanah atau membangun fasilitas. Sebagian besar proyek-proyek yang menerima hibah dari EPF menggabungkannya dengan sumber pendanaan lainnya.

Beberapa contoh proyek yang menggunakan EPF adalah:

  • Mengembalikan situs bersejarah
  • Konservasi lahan pertanian
  • Mengembalikan habitat
  • Mengontrol spesies invasif
  • Upgrade pabrik pengolahan limbah kota
  • Membersihkan properti tepi laut dan menciptakan taman umum
  • Membantu bisnis mengembangkan cara untuk mendaur ulang bahan

 

Zonasi Laut

Zonasi laut dimulai di daerah lepas pantai di mana tindakan air 200 meter atau lebih. Ini adalah wilayah laut terbuka melewati tepi landas kontinen. Zona laut memiliki beragam medan bawah laut, termasuk celah-celah yang sering lebih dalam dari tinggi Gunung Everest, serta gunung berapi laut dalam dan cekungan laut. Meskipun seringkali sulit untuk hidup untuk menopang dirinya sendiri dalam jenis lingkungan, beberapa spesies yang berkembang di zona laut (Col).

Laut dapat dibagi menjadi beberapa zona. The ocean bottom adalah zona bentik dan air itu sendiri adalah zona pelagis. Zona neritik adalah bagian dari zona pelagis yang membentang dari garis pasang tinggi ke dasar laut kurang dari 600 meter. Air yang lebih dalam dari 600 meter disebut zona kelautan, yang sendiri terbagi atas dasar kedalaman air ke dalam zona epipelagic, mesopelagic, dan bathypelagic.

Zona ini kira-kira sesuai dengan tiga zona lainnya dibagi berdasarkan jumlah sinar matahari yang mereka terima. Di zona sinar matahari, cukup cahaya menembus untuk mendukung fotosintesis. Di bawah yang terletak twilight zone, di mana jumlah yang sangat kecil menembus cahaya. Sembilan puluh persen dari ruang di laut terletak di zona tengah malam, yang sepenuhnya tanpa cahaya.

 

Digital Island

Konsep digital Island sangat penting untuk diterapkan di Maratua. Ini akan memberikan fasilitas bagi masyarakat setempat.

Teknologi informasi bertindak sebagai soft-infrastruktur, yang dapat menggantikan fungsi hard-infrastruktur yang jauh lebih mahal dan lebih lama untuk membangun.

Kegiatan penelitian ini juga dilakukan oleh SIDI sehingga pengembangan pulau berjalan dengan baik dan orang-orang dan juga wisatawan akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi secara optimal.