Nusantara adalah nama lain dari Indonesia, karena Indonesia terdiri dari 17.508 pulau. Nusantara berarti pulau laut lepas atau negara dipisahkan oleh laut. Luasnya daerah itu sendiri membuat Indonesia menarik bagi wisatawan baik domestik maupun asing. Banyak dari mereka memiliki rencana untuk berkeliling Indonesia dan menikmati keindahan alam dan keanekaragaman flora dan fauna di setiap daerah Indonesia yang mereka kunjungi.

Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil dari Samudera Hindia ke Samudera Pasifik. Ini menjadikan Indonesia memiliki laut yang luas sekitar 3.273.810 km '. Perbatasan laut Indonesia mengikuti hukum laut internasional, laut teritorial sepanjang 12 mil laut dan zona ekonomi eksklusif selama 200 mil laut. Luasnya laut Indonesia membawa berkat bagi bangsa. Ada begitu banyak sumber daya alam yang terkandung di laut dan dapat digunakan untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

Indonesia memiliki struktur alam yang indah. Bentuk pulau-pulau, jika kita lihat dari peta, memiliki bentuk unik yang indah. Nah, potensi wisata bahari kita sangat beragam dan nilai keindahan tak tertandingi di seluruh dunia.

Sayangnya, potensi keindahan laut bangsa kita belum sepenuhnya dimanfaatkan atau mally Opti belum berhasil. Ada banyak kendala yang datang, dari kebijakan pemerintah, faktor pendanaan, kurangnya sosialisasi dan sebagainya.

Kemudian, khusus dan strategi yang indah yang dibutuhkan untuk membuat pulau-pulau Indonesia menjadi cukup dipoles sehingga akan memberikan manfaat bagi bangsa. Sudah saatnya bagi semua pihak untuk melak-ment strategi dan berkolaborasi.

Oleh karena itu, Sustainable Island Development Initiatives (SIDI) menyajikan dengan tujuan untuk berkontribusi untuk pengembangan konsep keberlanjutan untuk pulau-pulau kecil. Untuk mencapai tujuan itu, SIDI berfungsi sebagai payung yang mencakup berbagai penelitian dan pelaksanaan kegiatan-kegiatan multi-disiplin, karena ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan dalam pengembangan pulau-pulau kecil, mulai dari energi, ekonomi , lingkungan, sosial, untuk masalah pendidikan.

Buku profil SIDI ini dibuat untuk memberikan gambaran dari SIDI dan program-programnya yang sedang, dan akan dilakukan untuk tujuan yang sesuai. Dalam melaksanakan program-programnya, kerjasama semua pihak sangat diperlukan. Dalam konteks ini, kerja sama dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, industri, universitas-universitas tersebut dan masyarakat dibentuk menjadi sebuah kelompok kerja untuk memfasilitasi proses kerja yang dirancang bersama-sama.

Dengan hadirnya SIDI, diharapkan pengelolaan pulau-pulau kecil di Indonesia dapat berjalan maksimal.